Investasi Saham untuk Tabungan Masa Depan

investasi-saham-idx

Investasi saham untuk Tabungan masa depan sangat penting dilakukan. Karena banyak manfaat yang bisa diperoleh dari investasi saham. Cara membeli dan menjual saham pun cukup mudah. Karena sudah banyak Broker Saham yang punya Aplikasi Modern yang canggih dan mudah digunakan.

“Walaupun cara beli saham itu mudah, harga saham kan mahal.” ada juga yang bilang seperti itu.

Tenang….

Ada solusi untuk Anda, kabar baiknya dengan uang 100 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa buka Rekening Efek.

Beneran… 100 ribu rupiah saja sudah bisa punya saham.

Nah… Untuk memudahkan Anda membeli saham. Anda bisa membeli saham dengan cara menyisihkan sebagian penghasilan Anda. Kemudian membeli saham sedikit demi sedikit, ada juga yang menyebutnya Nabung Saham.

Walaupun sedikit, Anda sudah membiasakan diri untuk berinvestasi. Dan hal positif ini bermanfaat untuk Anda dimasa depan.

cara-menabung-saham

Cara Menabung Saham yang Baik

Hal ini biasa dilakukan oleh investor pemula, investor yang memiliki gaji kecil dan mahasiswa/pelajar yang baru saja mulai belajar di dunia saham menggunakan cara tersebut.

Investasi saham memiliki imbal hasil yang lumayan besar, jika Anda tekun dan mau belajar caranya. Investasi saham juga memiliki resiko yang cukup besar jika Anda menjual dan membeli dengan asal-asalan. Intinya Anda harus tahu ilmunya terlebih dahulu, sebelum melakukan jual-beli saham.

Karena untuk menjual dan membeli saham itu jauh lebih mudah dibandingkan analisa Saham Perusahaan yang akan Anda beli.

Kesalahan yang sering menimpa para investor pemula adalah melakukan jual beli menggunakan intuisi(hati). Walaupun sudah tau resikonya tetap saja dilakukan karena tidak dapat mengendalikan nafsunya. Psikologis Investor belum stabil dan mudah terbawa suasana pasar saham yang naik turun.

Jual Beli saham memerlukan analisa, baik analisa Teknikal maupun Fundamental. Oleh sebab itu Anda perlu belajar salah satu atau keduanya. Sesuaikan dengan kondisi Anda saat ini.

Ketika Anda sudah menguasai ilmunya Anda bisa lebih bijaksana untuk menentukan mau jual atau beli suatu saham.

Keuntungan Investasi Saham

 

investasi-saham-menguntungkan

Investasi Saham yang menguntungkan

Keuntungan Investasi Saham yang perlu Anda ketahui sebagai pemula. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi saham:

CAPITAL GAIN

Keuntungan yang diperoleh dari selisih harga jual saham yang lebih mahal dari harga beli. Misalnya Anda membeli di harga 500 dan menjualnya diharga 700 atau 1000.

DEVIDEN

keuntungan yang diberikan perusahaan kepada para pemilik saham dengan presentase sesuai jumlah kepemilikan saham. Jika saham Anda sedikit Anda dapat sedikit dan jika saham Anda banyak Anda juga akan mendapatkan banyak deviden. Waktu pembagian deviden bermacam-macam, ada yang membagikan setahun sekali, ada yang membagikan setahun dua kali dan ada juga yang tidak membagikan deviden karena deviden digunakan untuk memperbesar perusahaan.

HAK SUARA RUPS

Sebagai pemilik saham dari perusahaan yang bersangkutan, Anda berhak untuk memberikan suara Anda ketika diadakan RUPS(Rapat Umum Pemegang Saham). Kekuatan suara sesuai jumlah saham yang dimiliki.

 

Keuntungan Investasi Saham Zaman Sekarang

 

investasi-saham

Keuntungan Investasi Saham

Selain keuntungan diatas ada lagi keuntungan yang bisa diperoleh saat membeli saham zaman sekarang dibandingkan zaman sebelumnya yaitu:

1. Harga Saham Lebih Murah

Jumlah pembelian minimal saham pada zaman dahulu adalah 1 lot= 500 lembar, sedangkan sekarang 1 lot=100 lembar. Jauh lebih murahkan…

Setoran Awal atau modal investasi yang harus disetorkan ke broker sudah cukup murah mulai 1 juta rupiah sudah bisa digunakan untuk membeli saham. Bahkan pada beberapa broker tertentu dengan modal awal 100 ribu rupiah sudah bisa digunakan untuk membeli saham seperti di Danareksa Sekuritas.

2. Membeli Saham Lebih Cepat dan Praktis

investasi-saham-jaman-now

Mudahnya Investasi Saham

Membeli saham pada zaman sekarang jauh lebih mudah dilakukan karena membeli saham pada zaman sekarang bisa dilakukan secara online. Bayangkan Investor pada zaman dahulu, jika ingin membeli saham harus telpon dulu ke Broker saham dan menjelaskan maksudnya ingin membeli saham PT apa, Berapa Lot yang akan dibeli dan diharga berapa mau beli.

Ribet??? Tentu….

Dan mungkin masih ada lagi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pihak broker. Kurang lebih seperti itulah gambaran Investor yang membeli saham pada zaman dahulu.

3. Harga Saham Real Time

Investor dimudahkan dengan bisa memantau harga saham secara real time dengan fasilitas online trading. Mungkin bagi pemula masih bingung dengan kata online trading karena belum praktek. Tetapi percayalah…

Dengan kemauan KERAS Anda untuk tetap belajar dan memahami tentang dunia saham, istilah tersebut maupun yang lainnya akan mudah Anda pahami.

4. Belajar Saham Lebih Mudah

Investor pada zaman sekarang memiliki banyak kemudahan seperti banyaknya tempat belajar saham yang bertebaran. Baik yang online maupun offline…

Di Online para Investor bisa menemukan dengan mudah informasi-informasi mengenai pasar modal, harga saham, profil perusahaan dan masih banyak lagi. Tetapi kemudahan ini juga bisa menjadi kendala untuk Anda karena orang yang mendapatkan informasi terlalu banyak memiliki kecenderungan untuk sedikit melakukan tindakan(Action). Jadi tidak akan ada perubahan yang terjadi tanpa Action.

Di Offline para Investor bisa belajar langsung di kantor broker saham yang mereka gunakan. Karena broker-broker saham sekarang lebih banyak melakukan training dan seminar dikantor mereka, ada yang GRATIS…. Dan ada juga yang berbayar.

Selain di kantor Broker, Investor Pemula juga bisa belajar kepada para investor expert yang memiliki website pribadi. Mereka membagikan banyak ilmunya secara gratis dan ada juga yang berbayar.

Selamat belajar invetasi saham…

Bagikan: